Skip to main content

Penyelesaian Metode Newton Raphson dengan Matlab



Metode Newton-Raphson adalah metode pencarian akar suatu fungsi f(x) dengan pendekatan satu titik, dimana fungsi f(x) mempunyai turunan. Metode ini dianggap lebih mudah dari Metode Bagi-Dua (Bisection Method) karena metode ini menggunakan pendekatan satu titik sebagai titik awal. Semakin dekat titik awal yang kita pilih dengan akar sebenarnya, maka semakin cepat konvergen ke akarnya.






Prosedur Metode Newton :      

  1. menentukan x0 sebagai titik awal, 
  2. kemudian menarik garis lurus (misal garis l) yang menyinggung titik f(x0). Hal ini berakibat garis l memotong sumbu – x di titik x1
  3. Setelah itu diulangi langkah sebelumnya tapi sekarang x1 dianggap sebagai titik awalnya. 
  4. Dari mengulang langkah-langkah sebelumnya akan mendapatkan x2, x3, … xn dengan xn yang diperoleh adalah bilangan riil yang merupakan akar atau mendekati akar yang sebenarnya.


Perhatikan gambar diatas untuk menurunkan rumus Metode Newton-Raphson


persamaan garis l : y – y0 = m(x – x0)


y – f(x0) = f'(x0)(x – x0)


x1 adalah perpotongan garis l dengan sumbu – x


0 – f(x0) = f'(x0)(x1 – x0)


y = 0 dan x = x1 maka koordinat titik (x1, 0)


  = (x1 – x0)


x1 = x0 


x2 = x1 


Jadi, Persamaan Newton Rapshon:

xn = xn-1  untuk n = 1, 2, 3, …




Contoh :

Tentukan akar dari persamaan 2x3 – 5x2 + 9x – 10 = 0 menggunakan Metode Newton-Raphson.


Penyelesaian:

f(x) = 2x3 – 5x2 + 9x – 10

f’(x) = 6x2 – 10x + 9


Penyelesaian dengan Matlab:

Dengan f1= f(x) dan f2= f’(x)
run di matlab dan masukkan nilai awal x1= ...

List Matlab:

clear all;
clc;

disp ('metode newton rapshon')
disp('---------------------------------------------------')
x1=input('masukkan nilai x1 = ');
toleransi=input('masukkan nilai toleransi = ');
e=1;
ite=0;
while e>=toleransi
    f1=(2*x1^3)-(5*x1^2)-(9*x1)-10;
    f2=(6*x1^2)-(10*x1)+(9);
    ite=ite+1;
    x2=x1-(f1/f2);
    e=abs((x2-x1)/x1);
    x1=x2;
end
disp('---------------------------------------------------')
disp(['x2 = ',num2str(x2)])
disp('----------------------')
disp(['toleransi = ',num2str(toleransi)]);
disp('----------------------')
disp(['error = ',num2str(e)]);
disp('----------------------')
disp(['iterasi = ',num2str(ite)]);
disp('---------------------------------------------------')

Comments

  1. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide
    credit and sources back to your weblog? My blog
    is in the exact same area of interest as yours and my users would definitely benefit from
    some of the information you provide here. Please let me know if this alright with you.
    Appreciate it!

    ReplyDelete
  2. It's nearly impossible to find well-informed people in this particular topic, however, you seem like you know what you're talking
    about! Thanks

    ReplyDelete
  3. I always emailed this web site post page to all my friends, as if like to read it afterward
    my contacts will too.

    ReplyDelete
  4. Hai, saya pikir ini yaitu website situs yang teramat bagus saya tersandung terhadap aspek itu;)
    saya dapat kembali lagi sebab saya menandainya. uang & kebebasan yakni kiat terbaik
    umtuk berubah semoga anda jadi kaya & tetap membantu orang lain.

    ReplyDelete
  5. Hai, aku percaya iini yaitu website yg hebat. aku stumbledupon itu;) saya bakal kembali labi dikarenakan aku telah
    disimpan juga sebagai favorit itu. duit & kebebasan yaitu cara paling baik
    untuk beralih mudah-mudahan anda menjadi kaya & konsisten membantu orang lain.

    ReplyDelete
  6. Halo, apakah anda keberatan membiarkan aku mengetahui hosting
    mana yg kamu gunakazn aku sudah memasukkan blog kamu ke dalam
    3 browser internet yang tidak serupa & aku harys
    mengatakan bahwa situs ini jauh lebih cepat daripada biasanya Dapatkah anda menyarankan penyedia hhosting yang baik ddgn hharga yg patut Terima kasih, saya menghargai itu!

    ReplyDelete
  7. pasti ada tidak sedikit faktor yang harus dipelajari tentang
    topik ini. saya menyukai semua poin yg anda buat.

    ReplyDelete
  8. akuu senantiasa membaca paragraf ddi surat berita tetapi kini sebab aku pembeli
    internet, mulai kini aku memanfaatkan net utk posting berkat
    web.

    ReplyDelete
  9. aku berangkat utk mengemukakan pada adik pria saya bahwa ia serta mesti berangkat uttk menonton weblog ini dengaan cara
    teratur buat meraih kabar terupdate dari
    up date terbaru.

    ReplyDelete
  10. Hai, hanya mauu disebutkan, saya gemar artikel
    ini. Itu menginspirasi terus posting!

    ReplyDelete
  11. Greetings from Colorado! I'm bored to death at work so I decided to check out your blog on my
    iphone during lunch break. I love the information you provide here and can't wait to take a look when I get home.

    I'm surprised at how quick your blog loaded on my cell phone ..
    I'm not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, excellent blog!

    ReplyDelete
  12. Woah! I'm really enjoying the template/theme of this blog.
    It's simple, yet effective. A lot of times it's tough to get that "perfect balance" between superb usability and
    visual appearance. I must say you have done a very good job with this.
    Additionally, the blog loads extremely quick for me on Safari.

    Outstanding Blog!

    ReplyDelete
  13. It's awesome to pay a quick visit this website and reading
    the views of all mates about this paragraph, while I am also zealous of getting knowledge.

    ReplyDelete
  14. I couldn't resist commenting. Very well written!

    ReplyDelete
  15. When I initially commented I clicked the "Notify me when new comments are added" checkbox
    and now each time a comment is added I get four emails with the same comment.

    Is there any way you can remove people from that service?
    Cheers!

    ReplyDelete
  16. Hi colleagues, good post and good urging commented at this place, I am actually enjoying by these.
    SocialOya

    ReplyDelete
  17. What's up i am kavin, its my first occasion to commenting anywhere, when i read this article i thought i could
    also make comment due to this brilliant post.

    ReplyDelete
  18. Heya i'm for the first time here. I came across this board and I find It truly useful & it helped me out a lot.
    I hope to give something back and aid others like you aided me.

    ReplyDelete
  19. saya yakin itu adalah salah satu kabar vital bati aku
    & aku menyukai menggali ilm artikel kamu tapi mesti berkomentar
    menyangkut beberapa perihal mendasar, Gaya situsnya sempurna, artikelnya nyatanya amat
    kern D. pekerjaan bagus sorak sorai.

    ReplyDelete
  20. Halo, apakah anda keberatan membiarkan aku mengetahui hosting mana yg kamu pakai
    saya sudah memasukkan website kamu ke dalam 3 browser internet yg
    tidak serupa & saya harus mengemukakan bahwa blog
    ini jauh lebbih serta-merta daripada rata rata Dapatkah kamu menyarankan penyedia hosting yg
    baik dgnn harga yang layak Terima kasih, aku menghargai itu!

    ReplyDelete
  21. aku bertolak untuk mengemukakan pada adik laki-laki saya bahwa
    dia jug mesti mengunjungi weblog ini dengan cara berkala utk
    diperbarui dari laporan terpanas.

    ReplyDelete
  22. aku bukan pembaca internet yg jujur tetapi situs anda memang
    bagus keedp it up! aku bakal teruskan dan bookmark web anda untuik kembali lafi kelak seluruuh yang terbaik

    ReplyDelete
  23. Terima kasih telah jadi pelatih aku dalam masalah ini.

    Pasangan saya & saya amat menikmati artikel aanda dan biasanya menikmati membaca trick anda
    mengatasi masalah yg dengan cara luas dikenal sbg kontroversial.
    kamu selalu amat sangat baik terhadap pembaca seperti aku & membiarkan aku dalam
    hidup saya Terima kasih.

    ReplyDelete
  24. banyak terima kasih sudah menjadi tutor aku dalam masalah ini.
    saya menikmati artikel kamu disaat ini dgn pass tenhtu & yang paling disukai adalah membaaca gimana anda memang menangani masaah yang saya anggap kontroversial.
    kau selalu bersikap baik pada pembaca seperti saya & menunjang saya dalam
    keberadaan aku Terima kasih.

    ReplyDelete
  25. aku tiap-tiap waktu terbiasa mencari ilmu paragraf di surat berita tetapi sekarang ini sebab saya yakni costumer bersih maka dari sekarang ini akku menggunakan net untuk
    konten berkat web.

    ReplyDelete
  26. Hai, aku pikir ini yaiktu web yang hebat. aku tersandng itu;) saya bakal kembali lagi sebab saya mempunyai buku yg
    menandainya. duit & kebebasan yakni tdik paling baik buat beralih semoga anda menjadi kaya &
    konsisten membimbing orang lain.

    ReplyDelete
  27. terimakasih gan informasi & ilmunya.. di tunggu kunjungan balik nya..

    ReplyDelete
  28. terima kasih mas… lagi ngembangi usaha semog berhasil ya mas...

    ReplyDelete
  29. makasi atas beritanya sangant meringankan baggi saya yang
    baru

    ReplyDelete
  30. informasi yg ammat menarik. Terima kasih banyak Mampirlah ke situs
    kami..

    ReplyDelete
  31. When someone writes an post he/she maintains the idea of a user in his/her brain that how a user
    can be aware of it. Therefore that's why this post is perfect.
    Thanks!

    ReplyDelete
  32. Very good article! We will be linking to this particularly great content on our site.
    Keep up the great writing.

    ReplyDelete
  33. Have you ever thought about publishing an e-book or guest authoring
    on other sites? I have a blog based on the same ideas you discuss and would love to have you share some stories/information. I
    know my viewers would value your work. If you're even remotely interested, feel free to shoot me an e-mail.

    ReplyDelete
  34. Hey there, You've done a great job. I will certainly digg it and personally suggest
    to my friends. I'm sure they will be benefited from this web site.

    ReplyDelete
  35. I delight in, cause I found just what I was having a look for.
    You've ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a nice day.
    Bye

    ReplyDelete
  36. Hello I am so thrilled I found your blog, I really found you by mistake,
    while I was researching on Askjeeve for something else, Anyways I am here now and
    would just like to say cheers for a tremendous post
    and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I
    don't have time to read through it all at the minute
    but I have saved it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great deal more, Please
    do keep up the superb job.

    ReplyDelete
  37. Spot on with this write-up, I absolutely feel this web site
    needs much more attention. I'll probably be back again to see more,
    thanks for the info!

    ReplyDelete
  38. I really love your blog.. Great colors & theme. Did you develop this site yourself?
    Please reply back as I'm attempting to create my very own website and want to learn where you got this from or what the theme is named.
    Cheers!

    ReplyDelete
  39. Just desire to say your article is as amazing. The clarity in your post is simply cool and i
    can assume you're an expert on this subject.
    Well with your permission allow me to grab your feed to keep updated with forthcoming
    post. Thanks a million and please keep up the enjoyable work.

    ReplyDelete
  40. Are you asking yourself why people like to view online tv?
    It utilized to be the important things to watch television while sitting conveniently on the couch as well as consuming a dish of popcorn and staring
    at a massive television set. Well to some people this is still the most common method to see tv.
    Nevertheless for other individuals choose to enjoy on the internet tv.
    In this write-up you are mosting likely to discover several of the reasons that why individuals choose this new method of enjoying television.

    ReplyDelete
  41. Watching flicks in your home is a wonderful way to relax.
    It brings you on an adventure or a trip throughout that the movie.
    You will certainly locate that during that time, you can take your mind off the troubles and
    also troubles that you are facing.

    Secret 1: Pick thoroughly

    It is very crucial to understand the genre that you or your companion would certainly delight in viewing.
    Often you may require to opt for a commonalities, to ensure that both events will have
    delight in the show.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Proses Sentrifugasi (Pemutaran) pada Produksi Gula dari Tebu dan Raw Sugar

Proses Sentrifugasi Stasiun pemutaran (Sentrifugasi) adalah stasiun lanjutan dari stasiun kristalisasi. Setelah masakan dingin proses selanjutnya adalah pemisahan, proses pemisahan ini dilakukan dengan gaya sentrifugal. Sentrifugal merupakan mesin pemutar yang digunakan untuk memisahkan kristal gula dari larutannya. Proses pemutaran bertujuan untuk memisahkan antara kristal gula dengan larutan yang melapisinya. Dalam pemisahan ini dapat menghasilkan diantaranya gula, larutan (klare atau stroop) dan tetes. Proses sentrifugasi (pemutaran) LGF A adalah proses pemisahan kristal gula A dan molasses A,  alat yang digunakan adalah sentrifugal LGF yang mempunyai kecepatan putar sekitar 2000 rpm,  sehingga dapat memisahkan gula A dan  A-molasses dengan gaya sentrifugal tersebut. LGF B digunakan untuk memisahkan hasil kristalisasi pada Pan B yang menghasilkan B-magma yang digunakan untuk bibit pada Pan A dan B-molases.  Proses pemutaran (sentrifugasi) pada akhir produksi, memisahk

Minyak goreng apa yang mempunyai titik beku terendah?

Minyak goreng yang mempunyai titik beku rendah bisa ditentukan dengan 2 hal yaitu Minyak goreng yang mempunyai Iodine Value (IV) tinggi dan Cloud Point (CP) rendah sehingga membeku pada suhu yang cukup rendah.  Untuk mendapatkan minyak dengan Iodine value tinggi dan Cloud point rendah diperlukan tahapan proses fraksinasi berkali-kali atau biasa disebut tahapan penyaringan yang dalam beberapa minyak goreng dengan kualitas bagus dilakukan dua kali penyaringan. Dua kali penyaringan ini dalam prosesnya yaitu: Tahapan penyaringan pertama dari minyak kelapa sawit yang dimurnikan menjadi minyak  crude palm oil (CPO), kemudian dilanjutkan tahapan penyaringan kedua yaitu proses refinery, pada proses refinery tahapan prosesnya yaitu:  1. Degumming yang berfungsi menghilangkan gum dari minyak CPO,  2. Bleaching, kandungan karoten yang tinggi dalam minyak sawit menyebabkan warna minyak sawit mentah (CPO) berwarna kemerahan, sehingga perlu dikurangi kadar karotennya sehingga minyak

Perbedaan Pati dan Selulosa

Pada dasarnya, pati dan selulosa adalah dua jenis karbohidrat yang umum ditemukan dalam dunia biologi. Walaupun keduanya terdiri dari rantai glukosa, ada beberapa perbedaan yang signifikan antara pati dan selulosa. Mari kita bahas perbedaan antara keduanya. PATI                                           Pati, suatu polisakarida simpanan pada tumbuhan, adalah suatu polimer yang secara keseluruhan terdiri atas monomer-monomer glukosa. Sebagian besar monomer-monomer ini dihubungkan dengan ikatan 1-4 (C no.1 dengan C no. 4) seperti unit glukosa dalam maltosa. Sudut ikatan in i membuat polimer tersebut berbentuk heliks. Bentuk pati yang paling sederhana adalah amilosa, yang rantainya tidak bercabang. Amilopektin, suatu bentuk pati yang lebih kompleks, adalah polimer bercabang dengan ikatan 1-6 pada titik percabangan tumbuhan menumpuk pati sebagai granul atau butiran di dalam struktur seluler yang disebut plastid, termasuk kloroplas. Dengan cara mensintesis pati, tumbuhan dapat me